Rabu, 16 Mei 2012

Terumbu Karang

Terumbu karang

    Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanthellae. hewan karang bentuknya aneh, menyerupai batu, dan mempunyai warna serta bentuk yang beraneka rupa. Hewan ini berbentuk polip, merupakan hewan pembentuk utama terumbu karang yang menghasilkan zat kapur. polip-polip ini selama ribuan tahun membentuk terumbu karang. zooxanthellae adalah suatu jenis alga yang bersimbiosis dalam jaringan karang. zooxanthellae ini melakukan fotosintesis menghasilkan oksigen yang berguna untuk kehidupan hewan karang. Di lain pihak, hewan karang memberikan tempat berlindung bagi zooxanthellae.


     Dalam ekosistem terumbu karang ada barang yang keras dan lunak. karang batu adalah karang yang keras disebabkan oleh adanya zat kapur yang dihasilkan oleh binatang karang. Melalui proses yang sangat lama, binatang karang yang kecil (polip) membentuk koloni karang yang kental, yang sebenarnya terdiri atas ribuan individu polip. Karang batu ini menjadi pembentuk utama ekosistem terumbu karang. Walaupun terlihat sangat kuat dan kokoh, karang sebenarnya sangat rapuh, mudah hancur, dan sangat rentan terhadap perubahan lingkungan.


Peran dan mafaat terumbu karang

1. Sebagai tempat hidup ikan-ikan yang banyak dibutuhkan manusia untuk pangan, seperti ikan                         kerapu, ikan baronang, dan ikan ekor kuning.
2. Sebagai benteng pelindung pantai dari kerusakan yang disebabkan oleh gelombang atau ombak laut,  
    sehingga manusia dapat hidup didaerah dekat pantai.

3. Sebagai tempat wisata. oleh karna keindahan warna dan bentuknya, banyak orang berwisata
    bahari.
    
   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar